HALAMAN VERIFIKASI
Rencana
Kerja Jangka Menengah atau RKJM Tahun Pelajaran 2014/2015 – 2017/2018 milik SD
Negeri Klampokan ini telah selesai
disusun oleh Tim Penyusun RKS pada tanggal 22 September 2014, telah diperiksa dan diverifikasi kebenarannya
oleh Pengawas Sekolah bersama Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan Besuk pada tanggal
23 September 2014
Kepala Cabang Dinas
Pendidikan
Kecamatan Besuk
M.SUKAR, S.Pd,MM
NIP
19660408 198603 1 008
|
Pengawas TK/SD
Kecamatan Besuk
BUALI,
S.Pd
NIP. 19591130 198201 1 006
|
HALAMAN
PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN
Rencana Kerja Jangka Menengah dari SD
Negeri Klampokan ini telah
disetujui
dan disahkan berlakunya oleh
Kepala
Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo
Pada
tanggal 29 September 2014
Kepala Dinas Pendidikan
Kabupaten Probolinggo,
Drs. H. TUTUG EDI UTOMO, MM
Pembina Utama Muda
NIP 19650402 199202 1 003
KATA
PENGANTAR
Puji syukur Alhamdulillah
senantiasa kami haturkan keharibaan Maulana Azza Wajalla atas telah tersusunnya
buku rencana kerja jangka menengah (RKJM) 4 tahun
Sekolah Dasar Negeri
Klampokan Kecamatan Besuk Kabupaten Probolinggo tahun
pelajaran 2014 s/d 2018 dapat
disusun sesuai dengan
ketentuan yang ada.
Rencana Kerja Jangka Menegah ini disusun sebagai tolak ukur bagi kepala sekolah untuk melaksanakan
tugas dan kewajibannya
dalam rangka pembinaan, penilaian
, terhadap semua kegiatan yang dilaksanakan disekolah. Semua kegiatan
yang telah kami susun
mengacu kepada 8 Standar Nasional Pendidikan.
Akhirnya tidak lupa kami ucapkan terimakasih kepada Bapak Kepala Cabang
Dinas Pendidikan Kecamatan Besuk dan Bapak Pengawas yang
telah memberikan arahan, saran
serta memfasilitasi kami dalam penyususnan program ini sehingga Rencana Kerja Jangka Menengah ini ( RKJM ) dapat kami susun sesuai
dengan kemampuan juga situasi dan kondisi lembaga kami.
Kritikan
dan sarannya sangat
kami harapkan agar semua program
yang telah tersusun dan semua kegiatan
yang akan kami laksanakan sesuai dengan
harapan kita semua serta demi tercapainya semua program
yang telah kami aktulisasikan ke dalam bentuk program ini.
Besuk, 22 September 2014
Kepala Sekolah
HASAN, S.Pd.MM
NIP. 19710120 199605 1 001
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL ................................................................................................. 1
HALAMAN VERIFIKASI ........................................................................................ 2
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN .............................................. 3
KATA PENGANTAR ............................................................................................... 4
DAFTAR ISI ............................................................................................................. 5
A. PENDAHULUAN .............................................................................................. 6
B. ANALISIS
STRATEGIS SEKOLAH ............................................................... 6
C. VISI, MISI DAN TUJUAN SEKOLAH ............................................................. 7
D. IDENTIFIKASI TANTANGAN NYATA .......................................................... 8
E. PROGRAM PROGRAM STRATEGIS UNTUK MENCAPAI
VISI, MISI DAN 13
F. STRATEGI PELAKSANAAN ........................................................................... 17
G. HASIL YANG DIHARAPKAN
......................................................................... 18
LAMPIRAN LAMPIRAN:
1. Profil Sekolah
2. SK Kepala Sekolah tentang Pembentukan Tim
Penyusun RKJM
3. Daftar Hadir Penyusunan RKJM
4. Berita Acara Penyusunan RKJM
A.
PENDAHULUAN
Peningkatan mutu
pendidikan di Sekolah dapat
tercapai bila pengelolaan
manajemen Sekolah dan
kegiatan pembelajaran berlansung
benar dan baik
serta mengacu pada 8 Standar
Nasional Pendidikan ( SNP )
sesuai dengan PP nomor 19 tahun 2005.
Dalam hal
ini kepala sekolah tidak semata-mata sebagai seorang kepala sekolah, tetapi
menjadi seorang pemimpin profesional dengan tanggung jawab yang luas dan
langsung sebgagai
pengendali terhadap semua keberhasilan di lembaganya. Baik tanggung jawab dalam
hal managemen maupun akademik. Semua
kegiatan disekolah yang dilaksanakannya mendapat senantiasa mendapat pengawasan
dan social control dari
pemerintah dan masyarakat dimana lembaga itu berada.
Dalam hal ini keberadaan Kepala Sekolah
dituntut untuk memiliki kemampuan
dalam tugas dan fungsinya secara professional. Dengan demikian Kepala Sekolah yang diberi tugas , tanggung jawab
dan wewenang secara penuh
oleh pejabat yang berwenang untuk melakukan pembinaan, pengawasan, penilaian
pada satuan pendidikan terhadap
penyelenggaraan pendidikan ( bidang manajerial )
dan meningkatkan kualitas Proses
Pembelajaran ( bidang Akademik ).
Dengan
adanya penilaian dan
pembinaan dari Kepala Sekolah yang terarah
dan
terprogram mampu memeperbaiki mutu kinerjanya dalam
meningkatkan profesionalitasnya serta untuk peningkatan mutu
pendidikan di satuan pendidikan yang
senantiasa diharapkan peningkatannya
agar menjadi lebih baik dari
sebelumnya.
B.
ANALISIS STRATEGIS SEKOLAH
1.
Kondisi Sosial
Ø Kondisi sosial lingkungan masyarakat
sekitar sekolah beragam. Ada yang berpikiran maju sangat peduli dengan
pendidikan anaknya ada yang kurang perhatian terhadap pendidikan anaknya. Hal
ini merupakan sebuah tantangan bagi warga sekolah kami untuk memberikan
motivasi agar mereka semua memiliki
kepedulian yang tinggi terhadap pendidikan anaknya.
Ø Hubungan antar warga sekolah dengan
masyarakat sekitar senantiasa kami jalin, agar tercipta sebuah kemesraan antara
lembaga pendidikan dengan masyarakat sebagai steakholder.
Ø Menempatkan masyarakat sekitar sebagai
partner kerja demi suksessnya semua program yang telah kami canangkan.
2. Ekonomi Masyarakat
Ø Mata pencarian penduduk sekitar sekolah
petani, buruh tani, pedagang, karyawan, dan juga
ada pegawai negeri.
Ø Kehidupan penduduk sekitar sekolah rata
rata cukup, hal tersebut dapat dilihat
dari keinginan untuk meyekolahkan putra
putrinya ke jenjang yang lebih tinggi
serta keberadaan tempat tinggal dan kepemilikan kendaraan bermotor.
Ø Masyarakat sekitar mayoritas bekerja
diluar negeri yaitu di Malaysia.
3. Kondisi Keamanan Lingkungan
Ø Lingkungan keamanan sekolah relatif aman,
terbukti tidak ada berita pencurian
yang terjadi di sekitar sekolah.
Ø Selama ini tidak ada barang barang milik
sekolah yang hilang meskipun tidak ada penjaga malam.
4. Tuntutan Masyarakat dan Bangsa
Ø Warga sekitar sekolah berharap agar
sekolah SD Negeri Klampokan dapat memiliki gedung sekolah yang memadai sehingga
proses dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dapat terlaksana dengan baik
Ø Siswa siswinya berprestasi baik ditingkat
kecamatan maupun di tingkat kabupaten
Ø Sekolah mampu membentuk siswa yang
berakhlakul karimah.
Ø Sekolah menjadi agen perubahan.
Ø Sekolah menjadi kebanggan masyarakat.
C. VISI, MISI, DAN TUJUAN SEKOLAH
1.
VISI :
“Mantap ( Mandiri, Taqwa dan Prestasi )”
2. MISI
Ø Memanfaatkan lahan sekolah untuk kebun
sekolah.
Ø Melaksanakan kegiatan ektraskurikulir
Pramuka.
Ø Melaksanakan pembelajaran yang PAKEM.
Ø Melaksanakan Istighosah tiap jumat pagi.
Ø Melaksanakan peringatan hari-hari besar
agama.
Ø Melaksanakan proses pembelajaran dan
bimbingan yang aktif, efektif dan menyenangkan
3. TUJUAN :
Ø Sekolah dapat meningkatkan ahlak yang mulia
Ø Sekolah bebas dari buta baca-tulis
Al-Qur’an;
Ø Sekolah mampu menghadapi tantangan yang
bertentangan dengan nilai – nilai
agama, adat dan budaya serta berdisiplin tinggi;
Ø Sekolah mampu meningkatkan prestasi siswa
Ø Sekolah mampu meningkatkan jumlah lulusan
yang dapat melanjutkan di Sekolah
Lanjutan Tingkat pertama (SLTP)
Ø Sekolah memiliki tim olah raga dan
kesenian yang mampu tampil dan menjadi
juara di tingkat Kabupaten
Ø Sekolah mampu menanamkan dasar – dasar keterampilan yang
sesuai dengan potensi yang ada untuk
mengahadapi perkembangan di masa mendatang;
Ø
Sekolah
memiliki tempat belajar yang aman dan nyaman serta lingkungan sekolah yang kondusif
D.
IDENTIFIKASI TANTANGAN NYATA
(KESENJANGAN)
No
|
Kondisi pendidikan saat ini
|
Kondisi pendidikan masa datang
|
Besarnya tantangan nyata
|
1
|
Standar Isi
|
Standar Isi
|
Standar Isi
|
a
|
Buku KTSP (Buku/Dokumen-1):
|
Buku KTSP (Buku/Dokumen-1):
|
Buku KTSP (Buku/Dokumen-1):
|
Sudah tersusun tapi dalam bentuk foto copy
|
Tersusunya
KTSP Mandiri yang sesuai dengan SNP.
|
1 buah
KTSP Mandiri yang renstra.
|
|
b
|
Silabus:
|
Silabus:
|
Silabus:
|
· Sudah Tersusun 8 Silabus mapel tapi dalam bentuk copy paste
|
· Tersusunya 8 silabus mapel
mandiri yang mengacu ke SNP
|
9 Silabus mandiri yang renstra.
|
|
c
|
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP):
|
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP):
|
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP):
|
· Tersusun RPP 8 mapel tapi dalam bentuk copi paste
|
· Tersusunnya RPP 8 mapel
mandiri yang mengacu ke
SNP
|
9 RPP yang
mandiri
yang renstra.
|
|
2.
|
Standar Proses
|
Standar
Proses
|
Standar
Proses
|
a
|
Persiapan pembelajaran:
|
Persiapan pembelajaran:
|
Persiapan pembelajaran:
|
·
Kepemilikan silabus oleh guru: 100 % memiliki
·
Kepemilikan RPP oleh guru: 100 % memiliki
·
Kepemilikan sumber belajar/bahan ajar: 80 %
|
·
Kepemilikan silabus oleh guru: 100 % memiliki
·
Kepemilikan RPP oleh guru: 100% memiliki
·
Kepemilikan sumber belajar/bahan ajar: 100%
|
5 %
5
%
20
%
|
|
b
|
Persyaratan Pembelajaran
|
Persyaratan Pembelajaran
|
Persyaratan Pembelajaran
|
·
Jumlah siswa per rombel: 7 anak
·
Beban mengajar guru:
24 jam/minggu
·
Ratio antara jumlah siswa dengan buku tekas mapel 2:1
·
Pengelolaan kelas: 70 %
|
·
Jumlah siswa per rombel: 30 anak
·
Beban mengajar guru: 24 jam/minggu
·
Ratio antara jumlah siswa dengan buku tekas mapel 1:1
·
Pengelolaan kelas: 100%
|
Penambahan jumlah siswa 23 anak.
Beban mengajar tetap 24 jam/minggu
Penambahan buku/siswu dan buku
penunjang 30 %
30%
|
|
c
|
Pelaksanaan pembelajaran:
|
Pelaksanaan pembelajaran:
|
Pelaksanaan pembelajaran:
|
· Cakupan pendahuluan dalam pembelajaran oleh guru di kelas: 70 %
· Cakupan penerapan prinsip pembelajaran yang :
eksploratif, elaboratif, dan konformatif: 60 %
·
Penerapan pembelajaran
tuntas: 90 %
·
Penerapan PAIKEM/PAKEM: 70 %
· Penerapan pembelajaran di luar kelas/sekolah: 60 %
· Cakupan pelaksanaan penutup dalam pembelajaran 80 %:
|
·
Cakupan pendahuluan dalam pembelajaran oleh guru di
kelas: 100%
·
Cakupan penerapan prinsip pembelajaran yang:
eksploratif, elaboratif, dan konformatif: 100%
·
Penerapan pembelajaran tuntas: 100%
·
Penerapan PAIKEM/PAKEM: 100%
·
Penerapan pembelajaran di luar kelas/sekolah: 100%
·
Cakupan pelaksanaan penutup dalam pembelajaran: 100%
|
30 %
40 %
10 %
30 %
40 %
20 %
|
|
d
|
Pelaksanaan penilaian pembelajaran:
|
Pelaksanaan penilaian pembe lajaran:
|
Pelaksanaan peni laian
pembe lajaran:
|
·
Variasi model penilaian:
3 .model
·
Pengolahan/analisis hasil penilaian: 2 jenis manual
·
Pemanfaatan/tindak lanjut hasil penilaian: 2 manfaat
|
·
Variasi model penilaian:
5 model
·
Pengolahan/analisis hasil penilaian: 3 jenis manual
·
Pemanfaatan/tindak lanjut hasil penilaian: 3 manfaat
|
2 .model
1 jenis
berbasis TIK
1 kemanfaatan / tindak lanjut
|
|
e
|
Pengawasan proses pembe lajaran:
|
Pengawasan proses pembe lajaran:
|
Pengawasan proses pembelajaran:
|
·
Cakupan kegiatan pemantauan pembelajaran: 60 %
·
Cakupan kegiatan super visi pembelajaran: 80 %
·
Cakupan kegiatan evaluasi pembelajaran: 80 %
·
Dokumen pelaporan hasil evaluasi pembelajaran: 80 %
·
Cakupan tindak lanjut hasil evaluasi pembelajaran:
80 %
|
· Cakupan kegiatan
pemantauan pembelajaran: 100%
· Cakupan kegiatan
supervisi pembelajaran: 100%
· Cakupan kegiatan
evaluasi pembelajaran: 100%
· Dokumen pelaporan hasil
evaluasi pembelajaran: 100%
· Cakupan tindak lanjut
hasil evaluasi pembelajaran: 100%
|
40 %
20 %
20 %
20 %
20 %
|
|
3.
|
Standar Kompetensi Lulusan
|
Standar Kompetensi Lulusan
|
Standar Kompetensi Lulusan
|
a
|
Bidang akademik:
|
Bidang akademik:
|
Bidang akademik:
|
·
Rata2 pencapaian KKM semua mapel 70
·
Rata2 pencapaian NUN 6,5
|
·
Rata2 pencapaian KKM semua mapel 80
·
Rata2 pencapaian NUN 9,00
|
10
2,5
|
|
b
|
Bidang
non akademik:
|
Bidang
non akademik:
|
Bidang non akademik:
|
·
Perolehan jumlah kejuaraan: 1 jenis/ bidang pada Tk kecamatan
|
·
Perolehan jumlah kejuaraan: 3 jenis/bidang pada Tingkat kecamatan
|
1 jenis/bidang akademik
|
|
c
|
Kelulusan:
|
Kelulusan:
|
Kelulusan:
|
· Jumlah kelulusan 100 %
|
· Jumlah kelulusan 100%
|
0
%
|
|
d
|
Melanjutkan
studi:
|
Melanjutkan
studi:
|
Melanjutkan
studi:
|
·
Jumlah lulusan yang melanjutkan studi ke jenjang lebih
tinggi 100 %
|
Jumlah lulusan yang melanjutkan studi ke jenjang
lebih tinggi 100%
|
0
%
|
|
4
|
Standar Tenaga Pendidik dan Tenaga
Kependidikan:
|
Standar Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan:
|
Standar Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan:
|
a
|
Kepala sekolah:
|
Kepala sekolah:
|
Kepala sekolah:
|
·
Sudah pelatihan kepemimpinan satu kali
·
Belum pelatihan manajerial sekolah (MBS) satu kali
·
Sudah pelatihan supervisi,
monitoring, dan evaluasi sekolah
dua kali
·
Sudah pelatihan adminis trasi persekolahan
1 kali
·
Sudah pelatihan
KTSP 4
kali
|
·
pelatihan kepemimpinan min. 3 kali
·
pelatihan manajerial sekolah (MBS) min. 3 kali
·
pelatihan supervisi, monitoring, dan evaluasi sekolah
min. 3 kali
·
pelatihan administrasi persekolahan min. 3 kali
·
Pelatihan KTSP min 2 kali
|
2 kali
2 kali
1 kali
2 kali
4 kali
|
|
b
|
Guru: (bersifat rata-rata)
|
Guru: (bersifat rata-rata)
|
Guru: (bersifat rata-rata)
|
·
Jumlah guru PNS keseluruhan: 5 orang
·
Pelatihan pembelajaran tuntas: 80 %
·
Pelatihan penilaian dan evaluasi pembelajaran: 60 %
·
Pelatihan KTSP dan K13:
80 %
·
Pelatihan PAIKEM /PAKEM:
80 %
·
Jumlah guru S1/D4:100 %
·
Jumlah guru bersertifikasi profesi: 60 %
|
·
Jumlah guru keseluruhan sesuai kebutuhan 9 orang.
·
Pelatihan pembelajaran tuntas: 100%
·
Pelatihan penilaian dan evaluasi pembelajaran: 100%
·
Pelatihan KTSP: 100%
·
Pelatihan PAIKEM/PAKEM: 100%
·
Jumlah guru S1/D4: 100%
·
Jumlah guru bersertifikasi Jumlah guru bersertifikasi profesi:
100 %
|
4 orang
20 %
40 %
20 %
20 %
0 %
40 %
|
|
c
|
Tenaga TU, Pustakawan, dll:
(bersifat rata-rata)
|
Tenaga TU, Pustakawan, dll:
(bersifat rata-rata)
|
Tenaga TU, Pustakawan, dll:
(bersifat rata-rata)
|
·
Jumlah tenaga TU: 0
orang
|
·
Jumlah tenaga TU: 1 orang
|
100 %
|
|
5
|
Standar Sarana dan Prasarana
|
Standar Sarana dan Prasarana
|
Standar Sarana dan
Prasarana
|
a
|
Sarana dan Prasarana Minimal
|
Sarana dan Prasarana Minimal
|
Sarana dan Prasarana Minimal
|
·
Ruang kepala sekolah tidak ada
·
Ruang perpustakaan: tidak ada
·
Ruang guru: ada tidak standar
·
Gudang: tidak ada
·
Ruang UKS : tidak ada
·
Ruang kelas kurang 3 buah
|
·
Ruang kepala sekolah: ada.
·
Ruang perpustakaan: ada
standar
·
Ruang guru:
standar
·
Gudang: ada
·
Ruang UKS : Ruang
UKS ada
·
Kebutuhan ruang kelas dapat terpenuhi
|
- Terbangunnya ruang kepala sekolah
- Terbangun
ruang perpustakaan
- Terbangunnya ruang guru yang
standar
- Terbangun satu
ruang gudang
- Terbangun 1 ruang UKS
- Terbangun 3 ruang
kelas baru
|
|
b
|
Sarana dan Prasarana Lainnya
|
Sarana dan Prasarana Lainnya
|
Sarana dan Prasarana Lainnya
|
·
Ruang kantin: tidak ada
·
Ruang multi media tidak ada
|
·
Ruang kantin:
ada standar
·
Ruang multi
media ada.
|
Terbangun 1 R kantin standar
Terbangun 1 ruang multi
media.
|
|
c
|
Fasilitas Pembelajaran dan
Penilaian
|
Fasilitas Pembelajaran dan
Penilaian
|
Fasilitas Pembelajaran dan
Penilaian
|
·
Komputer Guru: 10
%
·
Sarana olah raga: 20
%
|
·
Komputer Guru: 100%
·
Sarana olah raga: 100%
|
90 %
80 %
|
|
6.
|
Standar Pengelolaan
|
Standar Pengelolaan
|
Standar Pengelolaan
|
a
|
Perangkat dokumen pedoman
pelaksanaan rencana kerja/kegiatan:
|
Perangkat dokumen pedoman
pelaksanaan rencana kerja/kegiatan:
|
Perangkat dokumen pedoman
pelaksanaan rencana kerja/ kegiatan:
|
· Dokumen RKJM , RKT dan RKAS : 80 %
· Dokumen PSB: 80 %
· Dokumen Pedoman pembinaan kesiswaan: 60 %
· Dokumen tata tertib sekolah: 50 %
· Dokumen kode etik sekolah: 40 %
· Dokumen administrasi sekolah lainnya: 80 %
|
· Dokumen RKJM , RKT dan RKAS : 100%
· Dokumen PSB: 100%
· Dokumen Pedoman pembinaan kesiswaan: 100%
· Dokumen tata tertib sekolah: 100%
· Dokumen kode etik sekolah: 100%
· Dokumen administrasi sekolah lainnya: 100%
|
20 %
20 %
40 %
50 %
60 %
20 %
|
|
b
|
Struktur organisasi dan
mekanisme kerja:
|
Struktur organisasi dan
mekanisme kerja:
|
Struktur organisasi dan
mekanisme kerja:
|
·
Struktur organisasi: 85 % lengkap
·
Dokumen pembagian tugas /kewenangan
/tupoksi: 90 %
|
·
Struktur organisasi: 100% lengkap
·
Dokumen pembagian tugas/kewenangan/tupoksi: 100%
|
15 %
10 %
|
|
c
|
Supervisi, monitoring,
evaluasi, dan akreditasi sekolah:
|
Supervisi, monitoring,
evaluasi, dan akreditasi:
|
Supervisi, monitoring,
evaluasi, dan akreditasi:
|
·
Ada isntrumen pemantauan : 75 %
·
Ada instrumen suvervisi: 80 %
·
Ada instrumen monitoring: 80 %
·
Ada instrumen evaluasi: 70 %
·
Ada pelaporan supervisi: 60 %
·
Ada pelaporan monitoring: 60 %
·
Ada pelaporan evaluasi : 80 %
·
Pendokumentasian : 80
%
·
Tindak lanjut: 75 %
|
·
Ada instrument pemantauan 100 %
·
Ada instrumen supervisi: 100%
·
Ada instrumen monitoring: 100%
·
Ada instrumen evaluasi: 100%
·
Ada pelaporan supervisi: 100%
·
Ada pelaporan monitoring: 100%
·
Ada pelaporan evaluasi: 100%
·
Pendokumentasian : 100%
·
Tindak lanjut: 100%
|
25 %
20 %
20 %
30 %
40 %
40 %
80 %
20 %
20 %
25%
|
|
d
|
Kemitraan dan peran serta masyarakat:
|
Kemitraan dan peranserta masyarakat:
|
Kemitraan dan peranserta masyarakat:
|
·
Dokumen keberadaan Komite Sekolah: 90 %
·
Dokumen program kerja komite sekolah: 60 %
·
Kepengurusan komite sekolah: 100% lengkap
|
·
Dokumen keberadaan Komite Sekolah: 100%
·
Dokumen program kerja komite sekolah: 100%
·
Kepengurusan komite sekolah: 100% lengkap
|
10 %
40 %
0 %
|
|
7.
|
Standar Keuangan dan Pembiayaan
|
Standar Keuangan dan Pembiayaan
|
Standar Keuangan dan Pembiayaan
|
a
|
Sumber dana: 1 buah
|
Sumber dana: minimal 2 buah
|
Minimal 1 buah
|
b
|
Pengalokasian dana: 6 SNP
|
Pengalokasian dana: minimal 8 SNP
|
2 SNP
|
c
|
Penggunaan dana: 100 % benar
|
Penggunaan dana: 100% benar
|
0 %
|
d
|
Pelaporan penggunaan dana: 100%
|
Pelaporan penggunaan dana: 100%
|
0 %
|
e
|
Dokumen pendukung pelaporan: 100 %
|
Dokumen pendukung pelaporan: 100%
|
0 %
|
8.
|
Standar Penilaian Pendidikan:
|
Standar Penilaian Pendidikan:
|
Standar Penilaian Pendidikan:
|
a
|
Frekuensi ulangan harian oleh guru: 85%
|
Frekuensi ulangan harian oleh guru: 100%
|
15 %
|
b
|
Ulangan tengah semester yang dilakukan oleh guru: 100 %
|
Ulangan tengah semester yang dilakukan oleh guru: 100%
|
0 %
|
c
|
Cakupan materi ulangan
akhir semester yang di lakukan sekolah 100 %
|
Cakupan materi ulangan
akhir semester yang di lakukan sekolah 100 %
|
0 %
|
d
|
Teknik-teknik penilaian yang dipergunakan guru dalam pembelajaran: 75%
|
Teknik-teknik penilaian yang dipergunakan guru dalam pembelajaran: 100%
|
25 %
|
e
|
Instrumen yang di
kembangkan guru untuk ulangan harian 100 %
|
Instrumen yang di
kembangkan guru untuk ulangan harian 100 %
|
0 %
|
f
|
Variasi instrument yang di
kembangkan sekolah untuk ulangan akhir semester 90 %
|
Variasi instrument yang di
kembangkan sekolah untuk ulangan akhir semester 100 %
|
10 %
|
g
|
Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan oleh guru: 80 % terpenuhi
|
Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan oleh guru: 100% terpenuhi
|
20 %
|
h
|
Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan oleh sekolah: 80 % terpenuhi
|
Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan oleh sekolah: 100% terpenuhi
|
20 %
|
9
|
Pengembangan Budaya dan
Lingkungan Sekolah:
|
Pengembangan Budaya dan
Lingkungan Sekolah:
|
Pengembangan Budaya dan Lingkungan Sekolah:
|
a
|
Pengembangan budaya bersih 80
%
|
Pengembangan budaya
bersih 100 %
|
20 %
|
b
|
Penciptaan lingkungan
sehat,indah ,rindang, sejuk,dll tamanisasi 70 %
|
Penciptaan lingkungan
sehat,indah ,rindang, sejuk, tamanisasi dll
85 %
|
30 %
|
c
|
Penciptaan budaya tatakrama 80 %
|
Penciptaan budaya tatakrama
90 %
|
20 %
|
E.
PROGRAM PROGRAM STRATEGIS UNTUK MENCAPAI VISI, MISI, DAN TUJUAN JANGKA
PANJANG
NO
|
PROGRAM
|
KONDISI
AWAL
|
TAHUN
|
|||
TH.1
|
TH 2
|
TH 3
|
TH 4
|
|||
1
|
Pemenuhan Standar Isi:
|
|||||
Pengembangan Buku-1 KTSP mandiri yang SNP.
|
Sudah tersusun tapi dalam bentuk foto copy
|
70
|
80
|
90
|
100
|
|
Pengembangan silabus berstandar SNP
|
Sudah Tersusun 5 Silabus
mapel tapi dalam bentuk copy paste
|
80
|
90
|
100
|
100
|
|
Pengembangan RPP berstandar SNP.
|
Tersusun RPP 8 mapel tapi dalam bentuk copi paste
|
80
|
90
|
100
|
100
|
|
Pengembangan Bahan Ajar,
Modul,Buku.
|
Belum ada pengembangan
bahan ajar,
|
70
|
80
|
90
|
100
|
|
Pengembangan Panduan Pembelajaran
|
Belum ada Pengembangan Panduan Pembelajaran
|
80
|
90
|
100
|
100
|
|
2
|
Pemenuhan Standar Proses:
|
|||||
Pemenuhan persiapan pembelajaran
|
Kepemilikan silabus oleh guru: 100 %
memiliki
Kepemilikan RPP oleh guru: 90 % memiliki
Kepemilikan sumber belajar/
bahan ajar: 75 %
|
85
90
75
|
90
100
85
|
100
100
90
|
100
100
100
|
|
Pemenuhan persyara tan pembelajaran.
|
Jumlah siswa per rombel: 25 anak
Beban mengajar guru: 24 jam/ minggu
Ratio antara jumlah siswa dengan buku tekas mapel 2:1
Pengelolaan kelas: 65 %
|
20
100
100
100
|
25
100
100
100
|
30
100
100
100
|
40
100
100
100
|
|
Peningkatan pelaksanaan
pembelajaran
|
Cakupan pendahuluan dalam pembelajaran oleh guru di kelas: 60 %
Cakupan penerapan prinsip pembelajaran yang : eksploratif, elaboratif, dan konformatif: 40 %
Penerapan pembelajaran tuntas: 80 %
Penerapan PAIKEM/PAKEM: 60 %
Penerapan pembelajaran di luar kelas/sekolah: 60 %
Cakupan pelaksanaan penutup dalam pembelajaran 80 %:
|
60
60
80
60
60
80
|
70
70
90
70
70
90
|
80
80
100
90
80
100
|
90
90
100
100
90
100
|
|
Peningkatan pelaksa naan penilaian pembe lajaran
|
Variasi model penilaian: 2 model
Pengolahan/analisis hasil penilaian: 1 jenis manual
Pemanfaatan/tindak lanjut hasil penilaian: 1 bermanfaat sebagai RTL
|
70
80
|
80
90
|
90
100
|
100
100
|
|
Peningkatan kepengawa san proses pembelajaran
|
Cakupan kegiatan pemantauan pembelajaran: 40 %
Cakupan kegiatan super visi pembelajaran: 50 %
Cakupan kegiatan evalu asi pembelajaran: 60 %
Dokumen pelaporan hasil evaluasi pembelajaran: 60 %
Cakupan tindak lanjut hasil evaluasi pembelajaran: 60 %
|
50
50
60
60
60
|
75
60
60
60
60
|
85
80
80
80
80
|
100
100
100
100
100
|
|
3.
|
Pemenuhan SKL .
|
|||||
Peningkatan prestasi
bidang akademik
|
Rata2 pencapaian KKM semua mapel 70.00
Rata2 pencapaian NUN 6,50
|
70
|
75
|
80
|
80
|
|
Peningkatan prestasi
bidang non akademik
|
Perolehan jumlah kejuaraan: 5 jenis/ bidang pada tingkat kecamatan.
|
1
|
2
|
3
|
5
|
|
4.
|
Pemenuhan Standar Tenaga Pendidik dan
Kependidikan:
|
|||||
Peningkatan kompe tensi tenaga kependidikan (kepala sekolah)
|
Sudah pelatihan kepemimpinan satu kali
Belum pelatihan manajerial sekolah (MBS)
Sudah pelatihan supervisi,
monitoring, dan evaluasi sekolah satu
kali
Sudah pelatihan adminis trasi persekolahan
1 kali
Belum pelatihan KTSP
|
3
2
2
|
2
|
3
3
|
||
Peningkatan kompe tensi tenaga pendidik (guru)
|
Jumlah guru keseluruhan: 9 orang
Pelatihan pembelajaran tuntas: 50 %
Pelatihan penilaian dan evaluasi pembelajaran: 50 %
Pelatihan KTSP: 20 %
Pelatihan PAIKEM /PAKEM:25 %
Jumlah guru S1/D4:30 %
Jumlah guru bersertifikasi profesi: 40
%
|
50
50
50
50
|
60
70
100
80
70
|
80
85
100
90
100
|
100
100
100
100
|
|
Peningkatan kompe tensi tenaga kependi dikan lainnya
|
Jumlah tenaga TU: 0 orang
Jumlah tenaga Pustaka wan tidak
ada.
|
1
|
1
|
|||
5,
|
Pemenuhan Standar Sarana dan Prasarana:
|
|||||
Pemenuhan srana dan prasarana minimal
|
Ruang kepala sekolah ada
Ruang perpustakaan: tidak ada
Ruang guru: ada standar
Gudang: tidak ada
Ruang UKS : tidak ada
|
1
|
1
|
1
1
|
1
|
|
Pemenuhan sarana dan prasarana
lainnya
|
Ruang kantin: tidak ada
Ruang multi media tidak ada
|
1
|
1
|
|||
Pemenuhan fasilitas pembelajaran dan penilaian.
|
Komputer Guru: 10 %
Sarana olah raga: 30 %
|
70
60
|
100
100
|
|||
6.
|
Pemenuhan Standar Pengelolaan:
|
|||||
Pemenuhan perangkat dokumen pedoman pelaksanaan rencana kerja dan
kegiatan sekolah
|
Dokumen RKJM , RKT dan RKAS : 25 %
Dokumen PSB: 60 %
Dokumen Pedoman pembinaan kesiswaan: 40
%
Dokumen tata tertib sekolah: 50%
Dokumen kode etik sekolah: 20 %
Dokumen administrasi sekolah lainnya: 60
%
|
50
80
60
80
40
70
|
70
100
70
90
60
70
|
80
100
80
80
80
80
|
100
100
100
100
100
100
|
|
Pemenuhan struktur
organisasi dan mekanis me kerja sekolah
|
Struktur organisasi: 75 % lengkap
Dokumen pembagian tugas /kewenangan /tupoksi: 75 %
|
75
75
|
100
100
|
100
100
|
100
100
|
|
Peningkatan supervisi, monitoring, evaluasi, dan akreditasi sekolah
|
Ada isntrumen pemantauan : 50%
Ada instrumen suvervisi: 50 %
Ada instrumen monitoring: 50 %
Ada instrumen evaluasi: 50 %
Ada pelaporan supervisi: 50 %
Ada pelaporan monitoring: 50 %
Ada pelaporan evaluasi : 50 %
Pendokumentasian : 40 %
Tindak lanjut: 50 %
|
50
50
50
50
50
50
50
50
50
|
60
60
60
60
60
60
60
60
60
|
80
80
80
80
80
80
80
80
80
|
100
100
100
100
100
100
100
100
100
|
|
Peningkatan peran serta masyarakat dan kemitraan
|
Dokumen keberadaan Komite Sekolah: 30
%
Dokumen program kerja komite sekolah: 60
%
Kepengurusan komite sekolah: 30% lengkap
|
50
60
50
|
60
70
60
|
75
80
75
|
100
100
100
|
|
Pengembangan perangkat administrasi sekolah
(Program Aplikasi Sekolah)
|
Pengembangan perangkat administrasi sekolah
(Program Aplikasi Sekolah) belum dapat dilaksanakan.
|
50
|
60
|
80
|
100
|
|
7.
|
Pemenuhan Standar
Pembiayaan Pendi dikan:
|
|||||
Peningkatan sumber dana
pendidikan
|
Sumber dana: 2 buah
|
50
|
60
|
60
|
80
|
|
Pengembangan
pengalokasian dana
|
Pengalokasian dana: 8 SNP
|
50
|
60
|
80
|
100
|
|
Pengembangan penggunaan dana
|
Penggunaan dana: 100 % benar
|
50
|
60
|
80
|
100
|
|
Peningkatan pelaporan
penggunaan dana
|
Pelaporan penggunaan dana: 100%
|
50
|
60
|
80
|
100
|
|
Peningkatan dokumen pendukung
pelaporan penggunaan dana
|
Dokumen pendukung pelaporan: 100 %
|
50
|
60
|
80
|
100
|
|
8
|
Pemenuhan Standar
Penilaian Pendidikan:
|
|||||
Peningkatan frekuensi ulangan
harian
|
Frekuensi ulangan harian oleh guru: 60
%
|
60
|
75
|
80
|
100
|
|
Peningkatan pelaksanaan
UTS
|
Ulangan tengah semester yang dilakukan oleh guru: 100 %
|
75
|
100
|
100
|
100
|
|
Pengembangan materi UAS
|
Cakupan materi ulangan
akhir semester yang di lakukan sekolah 100 %
|
100
|
100
|
100
|
100
|
|
Pengembangan teknik-teknik
penilaian kelas
|
Teknik-teknik penilaian yang dipergunakan guru dalam pembelajaran: 60 %
|
60
|
75
|
80
|
100
|
|
Pengembangan instruman ulangan
harian
|
Instrumen yang di
kembangkan guru untuk ulangan harian 100 %
|
75
|
100
|
100
|
100
|
|
Pengembangan instrumen
UTS Belum dapat dilaksanakan
|
Pengembangan instrumen
UTS
dapat dilaksanakan.
|
60
|
75
|
80
|
100
|
|
Pengembangan instru men UAS
|
Pariasi instrument yang di
kembangkan sekolah untuk ulangan akhir semester 80 %
|
50
|
60
|
70
|
80
|
|
Pemenuhan mekanisme dan
prosedur penilaian guru
|
Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan oleh guru: 70 % terpenuhi
|
70
|
80
|
90
|
100
|
|
Pemenuhan mekanisme dan
prosedur penilaian oleh sekolah
|
Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan oleh sekolah: 50 % terpenuhi
|
25
|
35
|
40
|
50
|
|
Pengembangan perangkat pendokumentasian
penilaian Belum terlaksana
|
Pengembangan perangkat pendo kumentasian
penilaian
|
50
|
60
|
75
|
100
|
|
Pengembangan budaya bersih
|
Pengembangan budaya bersih
80 %
|
80
|
90
|
100
|
100
|
|
Penciptaan lingkungan
sehat,asri,indah,rindang, sejuk,(tamanisasi)
|
Penciptaan lingkungan
sehat,indah ,rindang, sejuk dll ( tamanisasi 50 %
|
50
|
60
|
80
|
90
|
|
Penciptaan budaya tata
karma.
|
Penciptaan budaya tatakrama 60 %
|
60
|
60
|
80
|
100
|
F. STRATEGI PELAKSANAAN
1.
Dalam melaksanakan program pengembangan
perangkat pembelajaran maka strategi pencapaiannya adalah menjalin kerjasama
dengan komite sekolah dan stakeholder untuk menyelenggarakan workshop, in house
training, dan study banding. Dalam melaksanakan program terwujudnya strategi
pembelajaran dengan dukungan metode dan sumber bahan belajar yang selaras dan
mutakhir. Maka strategi pencapaiannya adalah memenuhi prisip strategi ( model )
pembelajaran terkini /mutahirdan
pemanfatan Ilmu tekhnologi yang mutakhir sehingga menghasilkan
implementasi strategi (model) pembelajaran terkini
yang menyenangkan, pencapaian ketersediaan bahan dan sumber belajar yang
memadai serta mengoptimalkan
lingkungan sebagai sumber belajar
2.
Dalam melaksanakan
program terwujudnya strategi pembelajaran dengan dukungan metode dan sumber
bahan belajar yang selaras dan mutakhir maka strategi pencapaiannya adalah
memenuhi prinsip strategi (model ) pembelajaran terkini/ mutakhir menghasilkan implementasi strategi ( model ) pembelajaran
terkini yang menyenangkan pencapaian ketersediaan bahan dan sumber belajar yang
handal.
3.
Dalam melaksanakan program pengembangan konsep,
implementasi dan terbiasa menggunakan model pembelajaran terkini kuantitas maupun kualitas bahan
dan sumber belajar yang selaras dan mutakhir maka strategi pencapaiannya adalah
menjalin kerjasama dengan komite dan stakeholder untuk menyelenggarakan
workshop dan penelitian
tindakan kelas (PTK )
4.
Dalam melaksanakan program pemahaman prinsip
ketuntasan belajar dan kelulusan(out
put) dan
prestasi kelulusan yang cenderung meningkat,dan prestasi juara akademik
maupun non akademik maka strategi pencapaianya adalah dengan mengoptimalkan
kinerja tenaga pendidikan, klinis, penambahan
jam belajar, try out, olimpiade mata pelajaran, gelar kreativitas seni,
dan lomba lomba prestasi lainnya.
5.
Dalam melaksanakan program pengembangan media,
iklim Pembelajaran yang Aktif,Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan ( PAIKEM ), dan pemberdayaan usaha kecil. Di sekolah untuk
mendapatkan income generating activities ( IGA) maka strategi pencapaiannya
adalah menjalin kerjasama dengan komite dan stakeholder untuk pengadaan media
pembelajaran dan mengoptimalkan tenaga pendidikan untuk menciptakan Iklim
pembelajaran dan pemberdayaan usaha kecil di sekolah untuk mendapatkan income
generating activities ( IGA ).
6.
Dalam melaksanakan program pengembangan
kelengkapan administrasi sekolah manajemen sekolah, jaringan informasi
akademik, jaringan kerja vertical dan horisontal, maupun penggalangan partipasi
masyarakat maka strategi pencapaiannya adalah dengan mengoptimalkan kinerja
tenaga pendidikan untuk menjalankan manajemen sekolah dan menjalin kerja sama
yang harmonis dan produktif, baik dalam lingkup internal maupun lembaga
sektoral lainya.
7.
Dalam melaksanakan program pengembangan
kerjasama timbal balik dan
Pemberdayaan potensi usaha serta subsidi silang tepat sasaran maka strategi
pencapainya adalah menjalin kerjasama dengan pihak lain (masyarakat dan para
donator ) pendayagunakan potensi usaha yang ada dan pemberian subsidi silang
tepat sasaran.
8.
Dalam melaksanakan program pengembangan
intrumen, implementasi, pedoman,dan tindak lanjut penilaian pembelajaran maka
strategi pencapaiannya adalah dengan mengoptimalkan kinerja tenaga pendidikan
untuk menyiapkan instrumen, implementasi pedoman dan tindak lanjut penilaian
hasil belajar.
G. HASIL YANG DIHARAPKAN
1. Pemenuhan SKL SD:
a.
Terpenuhi peningkatan prestasi bidang akademik
b.
Terpenuhi Peningkatanprestasibidang non akademik
c.
Terpenuhi Peningkatan jumlah kelulusan
d.
Terpenuhi Peningkatan jumlah yang melanjutkan
studi
e.
Terpenuhi peningkatan jumlah yang melanjutkan studi ke sekolah unggulan.
2. Pemenuhan Standar
Isi:
a.
Pengembangan Buku-1 KTSP (Dokumen-1 KTSP)
b.
Pengembangan silabus
c.
Pengembangan RPP
d.
Pengembangan Bahan Ajar, Modul, Buku, dan
sebagainya
e.
Pengembangan Panduan Pembelajaran
f.
Pengembangan Panduan Evaluasi Hasil Belajar
g.
Dll
3. Pemenuhan Standar Proses:
a.
Terpenuhi/terealisasi/tercapai Pemenuhan
persiapan pembelajaran
b.
Terpenuhi/terealisasi/tercapai Pemenuhan
persyaratan pembelajaran
c.
Terpenuhi/terealisasi/tercapai Peningkatan pelaksanaan
pembelajaran
d.
Terpenuhi/terealisasi/tercapaiPeningkatan pelaksanaan penilaian pembelajaran
e.
Terpenuhi/terealisasi/tercapaPeningkatan pengawasan proses pembelajaran
f.
Dll
4.
Pemenuhan Standar Tenaga Pendidik dan
Kependidikan:
a.
Terpenuhi/terealisasi/tercapaiPeningkatan kompetensi tenaga kependidikan (kepala sekolah)
b.
Terpenuhi/terealisasi/tercapai Peningkatan
kompetensi tenaga pendidik ( guru )
c.
Terpenuhi/terealisasi/tercapaiPeningkatan kompetensi tenaga kependidikan lainnya
d.
Dll
5. Pemenuhan Standar Sarana dan Prasarana:
a.
Terpenuhi/terealisasi/tercapai Pemenuhan sarana dan prasarana minimal
b.
Terpenuhi/terealisasi/tercapai Pemenuhan sarana
dan prasarana lainnya
c.
Terpenuhi/terealisasi/tercapai Pemenuhan
fasilitas pembelajaran dan penilaian
d.
Dll
6.
Pemenuhan Standar Pengelolaan:
a.
Terpenuhi/terealisasi/tercapai Pemenuhan
perangkat dokumen pedoman pelaksanaan rencana kerja dan kegiatan sekolah
b.
Terpenuhi/terealisasi/tercapai Pemenuhan struktur organisasi dan mekanisme
kerja sekolah
c.
Terpenuhi/terealisasi/tercapai Peningkatan supervisi,monitoring, evaluasi, dan akreditasi sekolah
d.
Terpenuhi/terealisasi/tercapai Peningkatan
peranserta masyarakat dan kemitraan
e.
Terpenuhi/terealisasi/tercapaiPengembangan
perangkat administrasi sekolah (Program Aplikasi Sekolah)
f.
Terpenuhi/terealisasi/tercapai Pengembangan SIM
sekolah
g.
Dll
7.
Pemenuhan Standar Keuangan dan Pembiayaan
Pendidikan:
a.
Terpenuhi / terealisasi / tercapai Peningkatan sumber dana pendidikan
b.
Terpenuhi / terealisasi / tercapai Pengembangan pengalokasian dana
c.
Terpenuhi / terealisasi / tercapai Pengembangan penggunaan dana
d.
Terpenuhi / terealisasi / tercapai Peningkatan pelaporan penggunaan dana
e.
Terpenuhi / terealisasi / tercapai Peningkatan dokumen pendukung
pelaporan penggunaan dana
f.
Terpenuhi / terealisasi / tercapai Pengembangan income generating unit / unit produksi / unit usaha sekolah
g.
Dll
8.
Pemenuhan
Standar Penilaian Pendidikan:
a.
Terpenuhi/terealisasi/tercapai Peningkatan
frekuensi ulangan harian
b.
Terpenuhi/terealisasi/tercapai Peningkatan
pelaksanaan UTS
c.
Terpenuhi/terealisasi/tercapai Pengembangan
materi UAS
d.
Terpenuhi/terealisasi/tercapai Pengembangan materi ulangan kenaikan kelas
e.
Terpenuhi/terealisasi/tercapai Pengembangan teknik-teknik penilaian kelas
f.
Terpenuhi/terealisasi/tercapai Pengembangan instruman ulangan harian
g.
Terpenuhi/terealisasi/tercapai Pengembangan instrument ulangan
kenaikan kelas
h.
Terpenuhi/terealisasi/tercapai Pengembangan
instrumen UTS
i.
Terpenuhi/terealisasi/tercapai Pengembangan
instrumen UAS
j.
Terpenuhi/terealisasi/tercapai Pemenuhan mekanisme
dan prosedur penilaian guru
k.
Terpenuhi/terealisasi/tercapai Pemenuhan
mekanisme dan prosedur penilaian oleh sekolah
l.
Terpenuhi/terealisasi/tercapaiPengembangan perangkat pendokumentasian penilaian.
9.
Pengembangan Budaya dan Lingkungan Sekolah:
a.
Terpenuhi / terealisasi / tercapai Pengembangan budaya bersih
b.
Terpenuhi / terealisasi / tercapai Penciptaan lingkungan sehat, asri, indah,
rindang, sejuk, dll ( tamanisasi )
c.
Terpenuhi / terealisasi / tercapai Pemenuhan sistem sanitasi/drainasi
d.
Terpenuhi / terealisasi / tercapai Penciptaan budaya tata krama “in
action”
e.
Terpenuhi / terealisasi / tercapai Peningkatan
kerjasama dengan lembaga lain relevan bidang 6 K
f.
Terpenuhi / terealisasi / tercapai Pengembangan lomba-lomba kebersihan, kesehatan, dll
makasih bos atas postingnya
BalasHapusthanks gan
BalasHapusTrims semoga bertambah ilmunya
BalasHapusTrims semoga bertambah ilmunya
BalasHapustrmks atas contoh yg anda sediakan usk membantu kamisbg panduan bagi kami
BalasHapus